Kemampuan & Fasilitas

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday352
mod_vvisit_counterYesterday243
mod_vvisit_counterThis week2177
mod_vvisit_counterLast week4854
mod_vvisit_counterThis month21126
mod_vvisit_counterLast month18934
mod_vvisit_counterAll days484886

We have: 1 guests online
Your IP: 192.168.0.5
 , 
Today: Jul 26, 2014

Pelatihan Colorimeter
Selasa, 17 Juni 2014 09:28

Training Colorimeter dari program Technical Assistance for the EU-Indonesia Trade Support Programme II (TSP2)


pelatihan_colorimeter


Bertempat di Puslit KIM-LIPI pada tanggal 16 sd. 20 Juni 2014 dilaksanakan pelatihan colorimeter dengan nara sumber  Dr. Jean Gaudemer dari Laboratoire National de Metrologie et d’Essais/ LNE ( Lembaga Metrologi Nasional/NMI Perancis), training ini merupakan rangkaian kegiatan yang diagendakan dalam program Technical Assistance for the EU-Indonesia Trade Support Programme II (TSP2).

Training yang  diikuti oleh 5 orang staf laboratorium radiometri fotometri bidang  metrologi   ini untuk memperdalam pengetahuan tentang pengukuran warna sumber cahaya dan warna material atau surface, untuk menjawab kebutuhan akan layanan bidang pengukuran warna yang memang banyak dibutuhkan oleh beberapa pihak industri diantaranya cat, kertas, tekstil, keramik, display/monitor, dll.

Dokinfo / Jois, Juni 2014.

Terakhir Diperbaharui pada Selasa, 17 Juni 2014 09:34
 
CMC
Selasa, 17 Juni 2014 03:58

Bertambahnya CMCs  Lingkup Suhu Puslit KIM-LIPI

Pada Appendix C BIPM


Hal : 1

cmcs


Hal : 2

cmcs


Salah satu bukti sebagai National Metrologi Institute / NMI yang kompeten adalah dengan banyaknya jumlah Calibration and Measurements Capabilities / CMCs dari NMI tersebut yang terdaftar dalam appendix C -BIPM, Pada awal tahun 2014 ini Puslit KIM-LIPI telah berhasil menambahkan lagi 3 CMCs nya  dalam appendix C-BIPM sehingga jumlah CMCs Puslit KIM-LIPI sekarang mencapai 107 buah, jumlah yang lumayan banyak  dan perlu terus diupayakan penambahannya.

Tambahan 3 CMCs itu berasal dari lingkup metrologi Suhu khususnya untuk pengukuran termometer non kontak/radiasi dibawah koordinasi Subbid Metrologi Suhu yang merupakan hasil beberapa kali inter laboratory comparison dan usaha panjang pada tahun-tahun sebelumnya

CMCs adalah kemampuan pengukuran dari sebuah NMI yang telah di-peer review dan dimuat di appendix C -BIPM atau dalam pangkalan data uji banding utama (key comparison data base- KCDB -BIPM), dalam kerangka kerja saling pengakuan antar lembaga metrologi nasional (CIPM MRA). yang dalam prosesnya harus didukung oleh bukti eksperimental berupa hasil key/supplementary/ bilateral comparisons antar lembaga metrologi nasional.  CMCs juga dapat diartikan sebagai tingkatan tertinggi kalibrasi atau pengukuran yang  ditawarkan kepada pelanggan, yang dinyatakan dalam tingkat kepercayaan 95%, dan seringkali dinyatakan sebagai Best Measurement Capability

Kegiatan yang mengacu pada penambahan CMCs Puslit KIM  dalam appendix C-BIPM ini akan terus diupayakan terhadap seluruh lingkup metrologi yang ada, agar kesetaraan kompetensi Puslit KIM-LIPI sebagai institusi yang menjalankan peran sebagai NMI dapat ditingkatkan.

Dokinfo / Jois, Juni 2014.

Terakhir Diperbaharui pada Selasa, 17 Juni 2014 04:18
 
Pelatihan Bussiness Plan
Senin, 09 Juni 2014 02:45

EU-Indonesia Trade Support Programme ( TSP) II

Workshop of Business Plan on Implementation of the Action Plan for 2013 – 2014 for Selected Centres From Ministry of Industry to address EQI issues


pelatihan_bussiness_plan


Pada tanggal 05-06 Juni 2014 telah dilaksanakan kegiatan “Workshop of Business Plan on Implementation of the Action Plan for 2013 – 2014 for Selected Centres” sebagai kelanjutan dari kegiatan yang sama yang dilakukan pada bulan Maret yang lalu.

Workshop yang merupakan rangkaian kegiatan program Technical Assistance for the EU-Indonesia Trade Support Programme II (TSP2) dibuka oleh Mr. Jean-Claude Gourdon Key Expert 3, TSP II. Sedangkan yang bertindak sebagai narasumber pada workshop kali ini adalah  Paul Schultze beliau merupakan business plan expert dari EU.

Acara ini  bertujuan memberikan pemahaman tentang business plan kepada para peserta workshop yang terdiri atas 4 orang dari Puslit KIM-LIPI, 5 orang dari  Puslit Sistem Mutu dan Teknologi  pengujian (P2SMTP-LIPI) dan Pengawasan dan Pengendalian Mutu Barang (PPMB) 4 orang. Hasil workshop ini diharapkan dapat menjadi tambahan bekal pengetahuan dalam menyusun program kegiatan/rencana aksi bagi peserta, untuk di implementasikan pada instansinya masing-masing.

Dokinfo / Jois, Juni 2014.

Terakhir Diperbaharui pada Senin, 09 Juni 2014 02:50
 
APMP 2014
Jumat, 06 Juni 2014 01:45

APMP-MYM 2014 SYMPOSIUM & WORKSHOP


apmp_2014


Pada tahun 2014 ini puslit KIM-LIPI mendapat kehormatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asia Pacific Metrology Programme- Midyear Meeting, rangkaian acara yang berlangsung sejak tanggal 02 sd. 05 Juni 2014 ini diisi dengan pertemuan  antar delegasi National Metrology Institute/NMI Negara APMP untuk membahas isu-isu penting dan untuk memastikan agar program-progran APMP dapat berjalan dengan baik melalui pertemuan antar ketua komite teknis, pertemuan DEC/Developing Economic Committee, Pertemuan komite eksekutif dan pertemuan  antara komite eksekutif dan ketua komite teknis.

Puncak dari acara ini adalah pelaksanaan symposium dan workshop yang mengusung tema : Metrology and Global Energy Challenge yang dilaksanakana tanggal 04 Juni 2014 bertempat di auditorium utama LIPI Jakarta. Acara ini dibuka oleh ketua LIPI yang diwakili oleh Deputi IPK-LIPI Dr. Iskandar Zulkarnain sedangkan yang menjadi pembicara kunci dalam symposium ini diantaranya.

  1. Djoko Saputro  dengan topik “PGN Strategic Role in Dealing with National Energy Transformation”
  2. Prof. Bambang Subiyanto dengan topik "Development of Bio Energy in Indonesia: A case of Sweet Sorghum as Prospective Raw Material"
  3. Dr. Tumiran dari Dewan Energi Nasional dengan topik New Paradigm Kebijakan Energi Nasional

Sedangkan kegiatan workshop dilakukan untuk menambah pengetahuan tentang metrologi secara umum untuk lingkup Suhu, Kelistrikan, Massa/Flow dan Panjang yang diikuti oleh peserta dari industri dan laboratorium kalibrasi nasional.

Dokinfo / Jois, Juni 2014.

Terakhir Diperbaharui pada Senin, 09 Juni 2014 05:17
 
Kunjugan APMP
Jumat, 06 Juni 2014 01:42

Kunjungan laboratorium peserta APMP MYM 2014


apmp_kunjungan


Dalam rangkaian acara  Asia Pacific Metrology Programme  Midyear Meeting 2014/ APMP MYM 2014 , pada tanggal 05 Juni  seluruh perwakilan National Metrologi Institute peserta APMP-MYM 2014  berkesempatan mengunjungi laboratorium metrology Puslit KIM-LIPI untuk mendapatkan gambaran tentang kondisi dan kompetensi metrology yang dikelola di Puslit KIM-LIPI, peserta APMP-MYM 2014  yang dipimpin langsung oleh ketua APMP Dr. Peter Fisk ini diikuti oleh NMI dari Australia, Jepang, Korea, Pakistan, Nepal, Thailand, Singapura, dan New Zealand.

Dokinfo / Jois, Juni 2014.

Terakhir Diperbaharui pada Jumat, 06 Juni 2014 01:50
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

halaman 2 of 14