Profile KIM PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Administrator   
Senin, 08 November 2010 02:36

Tentang PUSLIT KIM-LIPI


Pusat Penelitian Kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi adalah salah satu pusat di bawah LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (Puslit KIM-LIPI), yang didirikan pada tanggal 1 Juni 1967 di Bandung dengan nama Lembaga Instrumentasi Nasional (LIN).

Sejalan dengan pertumbuhan infrastruktur IPTEK Nasional, sejak tahun 1984 Puslit KIM-LIPI menjadi salah satu lembaga penelitian pemerintah yang mendapat kesempatan memanfaatkan sarana dan fasilitas penelitian IPTEK di PUSPIPTEK Serpong, yang saat itu bernama Pusat Penelitian dan Pengembangan Kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi (PUSLITBANG KIM).


Dalam kurun waktu lima belas tahun terjadi pergantian nama dan struktur kelembagaan. Berdasarkan Keputusan Presiden nomor 43 tahun 2001 , maka PUSLITBANG KIM berubah menjadi Pusat Penelitian Kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi (PUSLIT KIM).


Metrologi adalah suatu ilmu pengukuran, semua program metrologi di Puslit KIM-LIPI diarahkan pada pengembangan sistem pengukuran nasional sebagai tulang punggung sistem standar dan kesesuaian yang merupakan infrastruktur teknis pendukung industri dan perdagangan.


Puslit KIM-LIPI memiliki kompetensi inti dalam bidang metrologi, instrumentasi yang menjadi dasar pelaksanaan tugas penelitian dan pelayanan jasa bagi masyarakat.

Khusus dalam bidang metrologi, Puslit KIM-LIPI mendapat amanat dari Pemerintah sebagai Pengelola Teknis Ilmiah Standar Nasional untuk Satuan Ukuran (SNSU) atau yang dalam konteks global dewasa ini dikenal dengan sebutan Lembaga Metrologi Nasional, yang di dunia internasional dikenal sebagai National Metrology Institute (NMI).

Pusat Penelitian kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, penyusunan pedoman, pemberian bimbingan teknis, penyusunan rencana dan program, pelaksanaan penelitian dan pelayanan kalibrasi, instrumentasi dan metrologi serta evaluasi dan penyusunan laporan.

Dalam melaksanakan tugas tersebut, Pusat Penelitian Kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi menyelenggarakan fungsi :

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan penelitian dan pelayanan kalibrasi, instrumentasi dan metrologi;
  • Penyusunan pedoman, pembinaan dan pemberian bimbingan teknis penelitian dan pelayanan kalibrasi, instrumentasi dan metrologi;
  • Penyusunan rencana, program, serta pelaksanaan penelitian dan pelayanan kalibrasi, instrumentasi dan metrologi;
  • Pemantauan pemanfaatan hasil penelitian bidang kalibrasi, instrumentasi dan metrologi;
  • Pelayanan jasa ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kalibrasi, instrumentasi dan metrologi;
  • Evaluasi dan penyusunan laporan penelitian dan pelayanan kalibrasi, instrumentasi dan metrologi;
  • Pelaksanaan urusan tata usaha.

Pusat Penelitian Kalibrasi, Instrumentasi dan metrologi terdiri dari:

  1. Bagian Tata Usaha;
  2. Bidang kalibrasi;
  3. Bidang Instrumentasi;
  4. Bidang Metrologi;
  5. Bidang Jasa Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;
  6. Kelompok Jabatan Fungsional.

Organisasi

VISI


Menjadi pusat unggulan dan acuan nasional dalam Bidang Metrologi yang diakui secara Internasional


MISI

  1. Menjamin ketertelusuran pengukuran di bidang besaran fisik keĀ  Sistem Internasional Satuan (SI) dengan konsisten.

  2. Melakukan Penelitian dan Pelayanan Jasa di bidang Metrologi dan Instrumentasi untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian Industri Nasional.

Peningkatan kemampuan sumber daya KIM diarahkan agar mampu secara berkelanjutan menyediakan : technical leadership bagi pengembangan infrastruktur Metrology Standardization Testing and Quality Assurance (MSTQ) di Indonesia, menjamin tersedianya kemampuan pengukuran/ pengujian, kalibrasi, standarisasi dan sertifikasi yang diperlukan bagi industri dalam negeri/ nasional, secara aktif mendorong proses inovasi teknologi di industri kecil dan menengah (IKM).

Globalisasi dan perdagangan bebas AFTA pada tahun 2002 , menuntut adanya perubahan strategi industrialisasi dan mendorong Pemerintah untuk segera menyiapkan infrastruktur IPTEK nasional secara lebih komprehensif Melalui program yang dikenal dengan Standards and Conformance System atau Sistem Standar dan Kesesuaian (SSK), Puslit KIM-LIPI bersama Pusat-Pusat lain dilingkungan LIPI dan Badan Standarisasi Nasional (BSN) serta instansi terkait lainnya telah menjadi bagian penting dari infrastruktur IPTEK nasional dalam bidang MSTQ, yang tertuang dalam PROPENAS tahun 2000 -2004.

Melalui program SSK ini, Puslit KIM-LIPI secara nasional aktif berpartisipasi membantu pemerintah dalam menyediakan berbagai kemampuan teknis dan manajerial dalam bidang Kalibrasi, Teknologi Pengukuran, Pengujian dan Inspeksi, serta Sertifikasi Mutu Produk bagi industri nasional.

Pengujian dan Sertifikasi produk yang dapat dipercaya pada dasarnya merupakan persyaratan mutlak yang diperlukan industri nasional pada era perdagangan bebas.

Terakhir Diperbaharui pada Kamis, 11 November 2010 04:38