Kamis, 23 May 2013 08:42

Sosialisasi Uji Profisiensi antar Laboratorium Kalibrasi Terakreditasi KAN


Pada tanggal 23 Mei 2013 dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Uji Profisiensi antar laboratorium untuk lingkup dimensi yang diprakarsai oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan Puslit KIM-LIPI sebagai pengelola standar ukur nasional, kegiatan yang berlangsung di Puslit KIM-LIPI ini dihadiri lebih dari 40 perwakilan laboratorium kalibrasi seluruh Indonesia.

Pada Uji Profisiensi lingkup dimensi kali ini yang menjadi protocol untuk kalibrasi outside micrometer adalah PT. Yamamoto Keiki Indonesia, sedangkan untuk uji profisiensi dial gauge dan ring gauge adalah PT. Kawan Lama Sejahtera.

Sosialisasi ini ditujukan untuk memberikan pemahaman yang sama tentang proses uji profisiensi mulai dari penerimaan artefak, kalibrasi dan pengiriman artefak tersebut ke laboratorium peserta berikutnya agar tidak terjadi kesalahan dalam proses handling alat maupun proses kalibrasinya. Hasil dari uji profisiensi ini diantaranya diharapkan dapat diketahui sejauh mana kemampuan laboratorium kalibrasi nasional dalam mengkalibrasi alat ukur panjang dalam rangka memberikan layanan kalibrasi yang baik bagi masyarakat pengguna jasa kalibrasi.

Dokinfo / Jois Mei 2013.

Terakhir Diperbaharui pada Senin, 27 May 2013 03:56